Alasan Kenapa WiFi Ada Tanda Serunya?

Kini rata-rata tempat umum, hotel, tempat wisata, restoran, pusat perbelanjaan, toko, rumah, dan lainnya sudah mempunyai jaringan WiFi yang memudahkan banyak perangkat mobile atau laptop tersambung dengan internet.

Jaringan WiFi memudahkan koneksi internet bisa dipakai oleh banyak perangkat sekaligus. Jarak dan ruang lingkup yang dapat dijangkau oleh WiFi ini pun cukup luas sehingga dapat mengakomodasi kebutuhan internet banyak orang.

Namun terkadang, muncul tanda seru pada ikon WiFi di perangkat terhubung yang secara otomatis tidak bisa terkoneksi dengan internet. Tentu saja terdapat banyak faktor yang menyebabkan tanda tersebut muncul.

Untuk itu bagi kamu yang bertanya mengapa ikon WiFi ada tanda serunya, maka bisa disebabkan oleh beragam faktor sebagai berikut ini.

Biasanya apabila kamu menggunakan jaringan WiFi di rumah secara nonstop, tidak menutup kemungkinan jaringan internetnya melambat atau terputus setelah beberapa hari kemudian. Hal ini terkadang membuat ikon WiFi di laptop maupun smartphone akan menampilkan tanda seru.

Setelah tanda ini muncul, maka internet tidak mau terkoneksi sama sekali. Untuk itulah, kamu dapat melakukan restart modem dan router agar jaringan internet dapat kembali pulih dan tanda seru pada ikon WiFi menghilang.

Namun apabila jaringan internet masih tetap mati setelah restart dilakukan, maka kamu dapat menghubungi customer service operator dari layanan yang kamu gunakan untuk informasi lebih lanjut.

2. WiFi laptop atau smartphone bermasalah

Jika setelah restart modem masih muncul tanda seru di ikon WiFi pada perangkat kamu dan, maka kemungkinan besar laptop atau smartphone kamu sedang bermasalah. Untuk itu, kamu dapat melakukan restart perangkat agar WiFi tetap tersambung.

Bisa saja WiFi di perangkat kamu hanya mengalami sedikit masalah sistem. Namun jika memang komponennya yang rusak, maka kamu haurs menghubungi customer service dari perangkat milikmu agar dibantu dalam perbaikannya.

3. Belum memasukkan ID dan password

Biasanya jika kamu sudah tersambung dengan WiFi di tempat umumnya, maka kamu membutuhkan ID dan password yang dimasukkan pada halaman khusus yang muncul di browser. Namun apabila keduanya tidak dimasukkan, maka WiFi akan memunculkan tanda seru pada ikon WiFi di laptop atau smartphone.

Hal ini dilakukan oleh pihak penyedia WiFi agar tidak sembarangan orang dapat memakainya koneksi internet miliknya. Untuk itulah, kamu perlu mendapatkan ID dan password untuk mendapatkan akses internet dan menghilangkan tanda seru.

Pada restoran, hotel, maupun tempat wisata, biasanya kamu harus membeli sesuatu agar diizinkan menggunakan WiFi. Namun ada juga beberapa tempat yang menyediakan akses internet secara gratis dengan memberikan pengumuman ID, password, dan nama WiFi yang dapat diakses.

4. Menggunakan IP, Proxy, atau DNS khusus

Biasanya dalam lingkungan kampus, tim IT Support sudah mengatur WiFi dengan menggunakan IP, Proxy, atau DNS tertentu. Apabila kamu tidak melakukan pengaturan tersebut, maka secara otomatis akan muncul tanda seru pada ikon WiFi di laptop atau smartphone milikmu yang menandakan tidak ada jaringan internet.

Untuk itu, kamu perlu memintanya ke bagian IT Support untuk mendapatkan data IP, Proxy, atau DNS yang digunakan pada jaringan di kampus. Dengan kata lain, tidak sembarang orang dapat mengakses WiFi tersebut karena biasanya hanya mahasiswa, dosen tetap, dan pegawai kampus yang mengetahuinya.

Sebenarnya tidak hanya kampus saja, kantor dan tempat lainnya juga dapat menerapkan sistem ini agar jaringan benar-benar dipakai oleh orang tertentu.

5. WiFi khusus perangkat tertentu

Pada saat mengaktifkan menu WiFi, biasanya kamu menemukan beberapa jaringan tertentu yang kemungkinan besar ada yang terproteksi dan tidak. Pada saat kamu menyambungkan perangkat ke WiFi yang tidak terproteksi, maka tanda seru pastinya akan muncul.

Kamu pun tidak disuruh untuk memasukkan ID dan password di browser. Jika iya, maka kemungkinan besar WiFi tersebut telah diatur hanya untuk perangkat tertentu saja yang telah didaftarkan. Dengan kata lain, kamu tidak bisa terkoneksi ke internet dengan WiFi tersebut dan harus mencari jaringan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *