Ambil Tas Berisi Ponsel dan Uang Rp 75 Ribu, Pria Ini Tewas Dihajar Warga di Sidoarjo

Kepergok mengambil sebuah tas berisi telepon seluler (ponsel) dan uang tunai Rp 75 ribu, seorang pria tewas dihajar warga di Desa Pertapan Maduretno, Kecamatan Taman, Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis (02/04/2020). Diketahui, pria tersebut BEP alias Budi (41) asal Dukuh Kupang Surabaya. Dia dipergoki RW (35), warga setempat yang rumahnya dimasuki Budi.

Peristiwa itu terjadi Kamis pagi sekira pukul 05.00 WIB. Pelaku mengendarai sepeda motor Vario Nopol L 3345 MI, kemudian parkir di samping rumah korban. Melihat suasana sepi, Budi diduga masuk ke dalam rumah. Kebetulan, saat itu korban juga sedang berbelanja di pasar yang lokasinya tidak terlalu jauh dari rumahnya. Saat pulang, korban melihat ada motor parkir di samping rumahnya.

Pemilik rumah tidak curiga, dia mengira sepeda motor itu milik teman anaknya. Baru ketika sedang memasak di dapur, RW kaget melihat ada pria tidak dikenal berada di dalam rumahnya. Pria itu berjalan keluar sambil membawa tas.

Melihat tas yang dibawa pria itu adalah miliknya, Rini pun mengejar. Pelaku berusaha naik motor, tapi kunci kontaknya berhasil diambil oleh Rini. Perempuan tersebut juga berteriak meminta tolong.

Warga yang mendengar teriakan itupun mendekat. Pelaku berusaha kabur dengan berlari, tapi bisa ditangkap lantaran dikejar oleh puluhan warga. "Korban teriak minta tolong, kemudian warga berdatangan. Menangkap pelakunya," kata Endang, warga setempat.

Geregetan dengan aksi pria tersebut, warga beramai ramai memukuli pencuri yang tertangkap itu. Pria itupun tewas akibat amuk warga. Kegeraman warga lantaran selama ini beberapa kali terjadi pencurian di sana.

Rumah itu saja, terhitung sudah empat kali disatroni maling. Pertama barang di rumah hilang, kemudian berulang, ketiga sepeda motor, dan ini kali keempat. Polisi yang mendapat laporan terkait peristiwa ini pun datang ke lokasi.

Saat mereka tiba, pria yang dihajar warga tersebut sudah dalam keadaan tidak bernyawa. Petugas kemudian mengevakuasinya, termasuk mengamankan barang bukti berupa tas berisi ponsel dan uang Rp 75 ribu, serta sepeda motor pelaku. "Petugas masih melakukan penyelidikan untuk mendalami perkara ini. Beberapa saksi juga kami mintai keterangan," kata Kapolsek Taman Kompol Himawan Setiawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *