Bacaan Niat Puasa Rajab 1441 H/ 2020, Lengkap dengan 6 Keutamannya

Simak bacaan niat puasasunah Rajab berikut terjemahannya. Puasa Rajab merupakan satu dari beberapa amalan yang dianjurkan ketika memasuki bulan Rajab. Berdasarkan perhitungan kalender Hijriah, 1 Rajab 1441 H akan jatuh pada Selasa (25/2/2020), besok.

Bulan Rajab dalam Islam adalah bulan yang mulia, karena termasuk bulan haram. Bulan haram dalam islam yakni Dzulqa'dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab. Mengutip , saat bulan Rajab, umat muslim dianjurkan untuk melaksanakan puasa sunah.

Ketika akan melaksanakan puasa sunah dianjurkan melafalkan niat. Berikut niat Puasa Sunah Rajab. نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ رَجَبَ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin ‘an ada’i sunnati Rajaba lillahi ta‘ala. Aku berniat puasa sunah Rajab esok hari karena Allah SWT . Niat tersebut dilafalkan di malam hari.

Sementara, niat puasa sunah rajab yang dilafalkan di siang hari yakni, نَوَيْتُ صَوْمَ هَذَا اليَوْمِ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ رَجَبَ لِلهِ تَعَالَى Nawaitu shauma hadzal yaumi ‘an ada’i sunnati Rajaba lillahi ta‘ala .

Aku berniat puasa sunah Rajab hari ini karena Allah SWT . Melansir , terdapat enam keutamaan puasa Rajab yakni: 1. Melaksanakan puasa sebulan

Rasulullah SAW bersabda “ Barang siapa berpuasa pada bulan Rajab sehari maka laksana ia puasa selama sebulan, bila puasa 7 hari maka ditutuplah untuknya pintu neraka jahanam." "Bila puasa 8 hari maka dibukakan untuknya 8 pintu surga." "Dan apabila puasa 10 hari maka Allah akan mengabulkan semua permintaannya, ” HR.At Thabrani.

2. Mencatat amalnya selama 60 bulan Rasulullah SAW bersabda, " Barang siapa puasa pada tanggal 27 Raja , Allah mencatatnya sebagaimana orang yang puasa selama 60 bulan ,” Abu Hurairah. 3. Apabila puasa selama 7 hari pada bulan Rajab maka akan menutup pintu neraka baginya.

4. Apabila puasa selama 8 hari pada bulan Rajab akan membuka 8 pintu surga untuknya. 5. Apabila puasa selama 10 hari pada bulan Rajab maka akan menghapus dosa dosanya dan diganti dengan kebaikan . 6. Apabila puasa sehari pada bulan Rajab maka akan mendapatkan air susu yang berasal dari sungai Rajab di surga, sasanya manis melebihi madu.

Rasulullah SAW bersabda, “ Sesungguhnya di surga terdapat sungai yang dinamakan Rajab, airnya lebih putih daripada susu dan rasanya lebih manis dari madu." "Barang siapa puasa sehari pada bulan Rajab, maka ia akan dikaruniai minum dari sungai tersebut ." Sementara itu, Rasulullah selalu berdoa ketika memasuki bulan Rajab.

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ Allohumma barik lana fi rojaba wa sya’bana wa ballighna romadhona. Ya Allah, berkahilah kami pada bulan Rajab dan bulan Sya’ban dan pertemukanlah kami dengan bulan Ramadhan.

Doa tersebut bersumber dari hadis riwayat Imam al Baihaqi dalam kitab Syu’ab al Iman, dari Anas bin Malik, dia berkata: كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا دَخَلَ رَجَبٌ، قَالَ: اَللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي رَجَبٍ، وَشَعْبَانَ، وَبَلِّغْنَا رَمَضَان “ Ketika Nabi Saw memasuki bulan Rajab, beliu mengucapkan; Allohumma barik lana fi rojaba wa sya’bana wa ballighna romadhona. ’”

Selain itu juga bersumber dari hadis riwayat Imam Ahmad dalam kitab al Musnad, dari Anas bin Malik, dia berkata: كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا دَخَلَ رَجَبٌ، قَالَ: اَللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي رَجَبٍ، وَشَعْبَانَ، وَبَلِّغْنَا رَمَضَان “Ketika Nabi Saw memasuki bulan Rajab, beliua mengucapkan, Allohumma barik lana fi rojaba wa sya’bana wa ballighna romadhona .’”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *