Disebut Dukung Airlangga Jadi Ketum Golkar, Akbar Tandjung: Saya Dukung yang Bisa Tingkatkan Suara

Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto disebut telah mendapatkan dukungan dari para senior partai dalam persaingan calon ketua umum (caketum) di Musyawarah Nasional (Munas) Golkar yang dibuka hari ini, Selasa (3/12/2019). Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Jenderal Partai Golkar, Lodewijk F Paulus, dilansir melalui . "Sebagai calon (ketua umum), beliau tentunya punya dukungan dari senior senior Golkar," ungkapnya di Solitaire Hotel, Tangerang, Senin (2/12/2019) malam.

Ia menyebut lima senior Partai Golkar mendukung Airlangga dalam pemilihin ketua umum. "Di antaranya Aburizal Bakrie, ada Akbar Tandjung, ada Pak Agung Laksono, Pak Luhut dan Pak Jusuf Kalla." "Itu senior partai Golkar yang kebetulan simpati dan mendukung pak Airlangga sebagai calon ketum," ungkap Lodewijk.

Lodewijk juga mengungkapkan, Airlangga Hartarto disebut telah mendapatkan dukungan sebanyak 514 dari 559 suara. Artinya, sebanyak 91 persen dari pemilik hak suara pada Musyawarah Nasional (Munas) Partai Golkar menurut Lodewijk telah mendukung Airlangga. Dukungan tersebut adalah hasil pertemuan Airlangga di empat daerah.

Pertemuan tersebut dilaksanakan di Karawang (Jawa Barat), Padang (Sumatera Barat), Yogyakarta, dan Bali. Diungkapkannya, pertemuan itu melibatkan 514 pemilik hak suara. Mereka berasal dari ketua DPD provinsi, kota, dan kabupaten.

"Dari perjalanan itu bisa disimpulkan terkumpul 514 dari 559 hak suara," ujar Lodewijk. Saat berada di Karawang, Airlangga dikabarkan bertemu dengan ketua DPD provinsi dan seluruh ketua DPD tingkat kota/kabupaten se Jawa Barat. Selanjutnya ketika pertemuan digelar di Yogyakarta, dirinya bertemu dengan ketua DPD provinsi dan kabupaten/kota se Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Kalimantan.

Lalu, safari politik Airlangga ke Padang bertemu ketua DPD provinsi dan kabupaten/kota se Sumatera. Yang terakhir, Airlangga menyelenggarakan pertemuan dengan ketua DPD provinsi dan kabupaten/kota se Indonesia timur. Sementara itu, pemilik hak suara pada Munas Golkar meliputi 514 kabupaten/kota, 34 DPD tingkat provinsi, 10 ormas, dan satu DPP.

Diketahui Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mendaftar sebagai bakal calon ketua umum (caketum) Partai Golkar di Aula DPP Partai Golkar Jalan Anggrek Nelly Murni, Slipi, Jakarta Barat, Senin (2/12/2019). "Jadi dokumen sudah saya siapkan lengkap asli, G 30S PKI ada, narkoba ada, kemudian kepolisian SKCK, karena kita pengalaman jadi anggota DPR berkali kali dan ijazah lengkap, asli," kata Airlangga. Ia mengatakan, pendaftaran itu adalah proses awal pemilihan ketua umum.

Menurut dia, pemilihan ketua umum Partai Golkar sangat transparan, demokrasi, dan terbuka. Sementara itu, Wakil Ketua Dewan Kehormatan Partai Golkar, Akbar Tandjung tidak bersedia menyebut caketum yang ia dukung di Munas. Dikutip dari , Akbar hanya menyebut sosok yang ia dukung adalah sosok yang mampu meningkatkan elektabilitas Partai Golkar.

"Saya itu mempunyai dasar, mempunyai alasan. Dasarnya, saya akan memberikan dukungan kepada calon yang saya yakini akan memberikan, menghasilkan kepemimpinan baru dan mampu meningkatkan perolehan suara Golkar," ujar Akbar ketika menghadiri pertemuan internal Golkar di Solitaire Hotel, Kabupaten Tangerang, Senin (2/12/2019) malam. Akbar mengungkapkan, tantangan Golkar di masa yang akan datang adalah Pilkada serentak 2020 dan Pemilu 2024. Akbar berharap, Munas Golkar diharapkan dapat menghasilkan keputusan yang menjadi pedoman untuk menghadapi tantangan tersebut.

"Hasil Munas Golkar dapat dijadikan sebagai pedoman dalam menghadapi agenda agenda ke depannya. Puncaknya Pemilu 2024 dan tahun 2020 juga kan kita akan menghadapi pilkada," ujar Akbar. Akbar menyebut akan menyerahkan kepada hasil Munas terkait siapa yang akan terpilih menjadi Ketua Umum Partai Golkar. "Kami percayakan pada ketua umum terpilih yang mengemban tugas. Siapa itu? Ya kita serahkan saja kepada putusan Munas Golkar sesuai dengan aturan, mekanisme, AD/ART Partai Golkar," lanjut dia.

Diketahui, Munas Partai Golkar akan dibuka hari ini, Selasa (3/12/2019). Munas kali ini diselenggarakan di Hotel Ritz Carlton, Jakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *