Mantan Kapolda Bengkulu Positif Corona, Sempat Hadiri Sertijab, Kapolda yang Baru Isolasi Mandiri

Mantan Kapolda Bengkulu, Irjen Supratman dinyatakan positif terjangkit virus corona. Hal itu dibenarkan oleh Kadiv Humas Mabes Polri, Brigjen Argo Yuwono dalam keterangannya. Ia mengatakan, Irjen Supratman sudah menerima jabatan baru sebagai Analis Kebijakan Utama Bidang Sespim Lemdiklat Polri.

"Benar, Irjen Supratman dari hasil swab test yang dilakukan ‎Gugus Tugas Covid 19 Bengkulu dinyatakan positif," ungkap Brigjen Argo Yuwono, seperti yang diberitakan sebelumnya, Selasa (12/5/2020). Argo menyebut, Irjen Supratman menghadiri sertijab para perwira di Rupatama Mabes Polri, Jumat (8/5/2020) lalu. Ia pun mengajak mendoakan Irjen Supratman agar segera diberi kesembuhan, dan bisa kembali bertugas.

Diberitakan sebelumnya, Argo mengatakan, pelaksanaan sertijab di Mabes Polri sudah sesuai dengan protokol kesehatan dalam hal pencegahan Covid 19. Peserta sertijab sudah dilakukan pengukuran suhu badan dengan hasil normal. Serta dilakukan rapid tes terlebih dahulu dan hasilnya negatif tidak ada yang reaktif.

Pelaksanaannya juga menerapkan physical distancing , tidak berbaris seperti biasanya, dan jarak sesuai protokol Covid 19. Polri sedang menyusun langkah langkah terhadap para peserta upacara serah terima jabatan sebelumnya. “Kami punya Pusat Kedokteran dan Kesehatan (Pusdokkes), nanti langkahnya seperti apa, apakah di rapid test ulang atau di tes swab menunggu dari Pusdokkes,” kata Argo Yuwono, dikutip dari , Selasa.

Diketahui upacara yang dipimpin oleh Kapolri Idham Azis itu dilakukan menggunakan computer tablet bagi masing masing pejabat. Sehingga, peserta tetap melakukan physical distancing selama melakukan proses sertijab. “Para pejabat yang melakukan sertijab, dilakukan secara virtual yakni diberikan mimbar lengkap dengan computer tablet pengganti kertas untuk menandatangani sertijab,” ujarnya.

Dikutip dari , Kapolda Bengkulu yang baru, Brigjen Pol Teguh Sarwono, masih melakukan isolasi mandiri sejak Minggu (10/5/2020). Wakapolda Bengkulu, Brigjen Pol Sahimin mengatakan, meski menjalankan isolasi mandiri namun tugas tugas yang ada di mapolda Bengkulu terus berjalan. "Iya untuk sejumlah tugas masih akan terus berjalan, jika nantinya diperlukan pejabat Mapolda yang bersangkutan bisa langsung menemui Kapolda di tempat isolasi," kata Brigjend Pol Sahimin, Selsa (12/5/2020).

Sebelumnya, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah memberikan pernyataan bahwa Irjen Supratman, Kabid Humas Polda Bengkulu Kombes Sudarno dan empat pejabat Polda Bengkulu lainnya dinyatakan positif corona melalui tes swab. Kini pejabat Polda Bengkulu yang positif tengah menjalani isolasi dan kondisinya sehat. Sementara itu, pihak Pemerintah Provinsi Bengkulu masih melakukan pendataan siapa saja yang berinteraksi dengan para pejabat tersebut untuk dilakukan tes dan diminta isolasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *