Selalu Bungkam, Vidi Aldiano Akhirnya Ungkap Awal Mula Divonis Kanker Ginjal, Gegara Suara Hilang

Untuk kali pertama, Vidi Aldiano ceritakan awal mula dirinya divonis kanker, gara gara suara hilang. Vidi Aldiano selalu bungkam mengenai kanker ginjal stadium tiga yang dideritanya selama ini. Setelah menjalani operasi pengangkatan ginjal kiri, Vidi Aldiano kini mulai berani menceritakan terkait kondisinya ini.

PenyanyiVidi Aldianokembali bercerita tentang kondisi kesehatannya melalui sebuah video berjudul "i HAD cancer" di akun YouTube nya. Vidi diketahui mengidap penyakitkanker ginjalstadium tiga. Kini, Vidi telah menjalani operasi pengangkatan ginjal. Kompas.com merangkum enam fakta yang diungkapkan Vidi tentang kanker ginjal yang diidapnya, sebagai berikut:

Vidi bercerita, mulanya dia hanya ingin mengecek kondisi suaranya yang hilang. Namun, dari pemeriksaan itu Vidi diketahui memiliki tekanan darah tinggi. "Ini berawal dari Oktober 2019 di mana sebenarnya gue hilang suara gue dan gue bawa ke THT, di situ gue cek tensi segala macam, gue tiba tiba dibilang 'Vidi kamu tuh hipertensi ya?'," kata Vidi Aldiano seperti dikutip Kompas.com, Jumat (20/12/2019).

Vidi merasa heran karena dia dan keluarga tak memiliki riwayat hipertensi. Setelah cek kesehatan untuk kali kedua, Vidi merasa ada yang tidak beres dengan tubuhnya. Vidi kemudian langsung melakukan tes kesehatan dengan tambahan tes USG di Singapura.

"Katanya ini ginjal kiri gue ada sebuah benjolan sebesar 5 cm, kayaknya itu tumor, tapi belum tentu juga jadi aku harus cek lagi," tuturnya. Sejak saat itu Vidi kerap melakukan pemeriksaan kesehatan. Dari yang diduga tumor atau kista, hingga Vidi divonis mengidap kanker ginjal.

Saat itu, Vidi merasa syok dan enggan memberi tahu kondisinya pada siapa pun. "Dari situ lumayan gelap hidup gue jujur, karena gue enggak tahu harus merespons apa, gue enggak bisa ngasih tahu banyak orang juga karena gue paling enggak suka bikin orang khawatir," ucap Vidi. Vidi Aldiano mengatakan, dia sempat merasa depresi saat menunggu hasil dari tes sel kanker pada ginjalnya.

Setelah manggung di sebuah acara di Singapura, Vidi langsung kembali memeriksa sejauh mana penyebaran sel kanker dalam tubuhnya. "Pertama kerja next day nya gue langsung ketemu dokter lagi. Gue tes lagi apakah cancer gue ini sudah menyebar atau belum. Akhirnya Kamis gue dapat hasil," kata Vidi. Hasil pemeriksaan itu menunjukan, Vidi mengidap kanker ginjal stadium tiga.

Namun sel kankernya belum menyebar ke organ tubuh lain. "Diumumkan alhamdulilahnya gue itu stadium tiga, kanker itu sudah mau nyebar ke pembuluh besar gue, tapi belum sampai, tapi lagi menuju. Alhamdulilah belum nyebar ke mana mana," tutur Vidi. Setelah mendapatkan hasil, Vidi pun langsung memutuskan untuk melakukan operasi pengangkatan ginjal.

Saat ini, Vidi masih menjalani penanganan medis pascaoperasi. Vidi Aldiano mengaku kini dirinya hanya memiliki satu ginjal setelah menjalani operasi pengangkatan sel kanker pada ginjal kirinya. "Jumat 13 Desember kemarin gue angkat ginjal kiri gue semuanya. Karena sudah enggak bisa diapa apakan. Operasinya empat jam kurang lebih," kata Vidi.

Meski demikian, Vidi tetap berusaha menjalani hidupnya dengan optimis. "Dan sekarang saya hanya punya satu ginjal. Saya selalu berpikir untuk melakukan respons yang baik untuk semua ini. Tapi ini hidup guys , jalani aja enggak sih," ucapnya. Pelantun "Status Palsu" itu menjelaskan, meski sudah menjalani operasi, masih ada kemungkinan sel kanker tersebut akan muncul kembali.

Untuk itu, Vidi kini lebih menjaga pola makannya serta rutin melakukan cek kesehatan. "Tapi setelah ginjal gue di remove di badan gue enggak ada cancer nya. Tapi jenis cancer gue adalah yang mungkin banget akan hadir lagi," ungkap Vidi. Penyanyi Vidi Aldiano akhirnya telah menjalani operasi kanker ginjalnya, Jumat (13/12/2019).

Selama ini, Vidi Aldiano tak pernah membagikan penyakit kanker ginjal stadium 3 yang diidapnyaa. Baru pada Jumat (13/12/2019) tepat ketika Vidi Aldiano menjalani operasi, pelantun tembang 'Status Palsu' itu meminta doa terkait kondisinya. Potret terkini Vidi Aldiano pun telah dibagikan oleh Direktur Musica Studio's, Indrawati Widjaja melalui Instagramnya @indrawatiacin.

THANK GOD operasi berjalan lancar & suksesss. Nak cepat sembuh, sehat total & pulih kembali serta selalu dalam lindungan NYA Aamiin Aamiin Aamiin, " tulis Indrawati melalui akun @indrawatiacin, seperti dikutip Kompas.com , Jumat malam. Dalam unggahan tersebut, terlihat Vidi Aldiano masih terbaring di ranjang rumah sakit, lengkap mengenakan baju pasien dan alat alat medis yang menempel di tubuhnya. Selain Indrawati yang datang langsung, beberapa rekan dari labelnya juga tampak menjenguk Vidi.

Bukan hanya video singkat, bu Acin juga mengunggah potret bersama. Pada dua potret terakhir, Vidi terlihat sudah sadar dan melemparkan senyum ke kamera. Kabar baik tersebut dikomentari kalangan artis.

"Alhamdulillaaaaah," tulis @duniamanji. Alhamdulillaaah ," balas komentar @itsrossa910. Alhamdulillah ," tulis @armandmaulana04.

Seneng lihat Vidi senyum, sehat menyertai yaa buat Vidi maammmm ," sahut komentar @dewigita01. Sebelumnya, Vidi Aldiano secara mengejutkan membuat pengumuman lewat video di akun Instagram pribadinya bahwa ia menderitakanker ginjaldi sebelah kiri. Pelantun "Status Palsu" tersebut juga memohon doa bagi semua penggemar dan yang menyaksikan videonya agar operasinya tanpa hambatan berarti.

Gue minta tolong teman teman semua bantu doa, semoga operasi berjalan lancar, semoga penyakit penyakit yang ada di ginjal gue bisa diangkat hari ini dengan aman," kata Vidi pada akun @vidialdiano. Awalnya Vidi langsung menuliskan dirinya memilik kanker di caption postingan terakhirnya hari ini. "I have cancer," tulis Vidi.

Pada postingan yang sama Vidi ungkap akan jalani operasi hari itu juga. "Dari beberapa bulan yang lalu gue sedikit memiliki anomali di diri gua. Dari Oktober kemarin sudah didiagnosa, tadi awalnya adalah kista." "Baru minggu lalu gue dapat kabar kalo gue ternyata punya kanker di ginjal kiri gua. So beberapa hari yang lalu sudah ketemu dokter pas banget ketemu dokter," ujar Vidi pada postingan akun @vidialdiano.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *