Selamatkan Ibunda yang Lumpuh, Pria Ini Tewas Tertimbun Longsor, Anak & Istri Selamat, Ini Faktanya

Nasib tragis dialami seorang pria berinisial J (48). Meninggal dunia ketika menolong sang ibu B (75) dari longsor yang terjadi di Kabupaten Tanah Datar. Namun niat baik J justru berakhir tragis.

Ia dan sang ibu meregang nyawa lantaran terjebak longsor di dalam rumah. Tewas tertimpa material longsor ketika menyelamatkan ibunya yang masih ada di dalam rumah. Peristiwa tersebut terjadi di Minggu 5 April 2020 sekitar pukul 13.15.

Diduga tewas ketika menggendong ibunya yang lumpuh untuk keluar dari rumah ketika longsor menerjang. "Warga yang meninggal dunia itu ibu dan anaknya. Mereka terjebak di dalam rumah dan akhirnya tertimpa material longsor," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Tanah Datar, Benny Yuhendri. Namun anak dan istri J selamat dari musibah longsor yang menimpa.

Berikut deretan fakta J dan sang ibu yang meninggal dunia akibat longsor. Diceritakan Benny,longsorterjadi J bersama ibu, istri dan empat orang anaknya ada di dalam rumah. Saat longsor terjadi, J berhasil membawa keluar istri dan anaknya ke tempat yang aman.

Setelah mengamankan anak dan istrinya, J kembali ke rumah untuk membawa ibunya yang dalam keadaan lumpuh. Namun malang baginya, niatnya tidak kesampaian karena materiallongsorsudah menjebol rumah dan kemudian menimpa mereka berdua. "Saat hendak membawa ibunya keluar, materiallongsordatang menjebol rumah dan menghantam ibu dan anak tersebut," jelas Benny.

Saat jenazah ditemukan, kondisi kedua korban berhimpitan yang diduga korban tertimpalongsorsaat menggendong ibunya. Dan ibunya tak dapat menghindarilongsoran yang tiba tiba menerjang. Istri dan anaknya pun mulai khawatir.

Tim pun bergerak melakukan pencarian. "Setelah hampir 6 jam pencarian akhirnya korban ditemukan tertimbun material longsor dalam keadaan berimpitan," kata Benny. Diwartakan sebelumnya, dua warga dikabarkan hilang akibat bencanalongsordi Jorong Guguak. Mengetahui hal itu timBPBDTanag Datar pun langsung melakukan pencarian.

Dua warga hilang itu yakni J dan B, yang tak lain adalah ibu dan anak. Saat ditemukan, keduanya sudah dalam keadaan tidak bernyawa. Dua jenazah ibu dan anak, B (75) dan J (48) ditemukan tertimbun materiallongsordi dalam rumahnya dalam posisi berhimpitan, Minggu (5/4/2020) sekitar pukul 13.15 WIB.

"Sudah ditemukan tadi sekitar pukul 13.15 WIB oleh tim," kata Benny. Benny menyebutkan kedua jenazah sudah diserahkan kepada keluarga untuk dimakamkan. Hujan deras yang melandaTanahDatar,SumateraBarat, sejak Sabtu (4/4/2020) malam mengakibatkan terjadinyalongsordi Jorong Guguak, Nagari atau Desa Guguak Malalo, Kecamatan Batipuh Selatan.

Akibat longsor itu dilaporkan empat rumah mengalami rusak berat dan dua warga hilang. Kepada Bidang Kedaruratan dan LogistikBPBDTanahDatar,Benny Yuhendri mengatakanlongsortersebut terjadi sekira pukul 06.00 WIB. "Longsor terjadi Minggu (5/4/2020) sekitar pukul 06.00 WIB. Ini akibat hujan deras sejak Sabtu malam," kata Benny.

Benny mengatakan, saat ini, timnya sudah berada di lokasi kejadian untuk melakukan pembersihan dan sekaligus mencari dua warga yang hilang. Pembersihan dilakukan juga bertujuan agar akses jalan yang terputus bisa dibuka kembali. "Akses jalan juga terganggu akibat materiallongsormenutupi badan jalan," kata Benny.

Benny meminta agar masyarakat waspada karena potensi hujan lebat masih bisa terjadi diTanahDatar. "Iya, kami minta warga selalu waspada terhadap ancaman bencanalongsor. Potensi hujan masih bisa terjadi diTanahDatar," imbau Benny.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *