Sempat Viral Video Nenek Tidur di Pangkuan Suami saat Naik Kereta, Ini 4 Hal Penting dalam Hubungan

Belum lama ini, beredar video yang menayangkan keharmonisan sepasang suami istri yang usianya tidak muda lagi. Meskipun sudah lanjut usia, cinta keduanya tak tampak luntur. Hal itu terlihat dalam video yang viral di media sosialTwitter, saat diunggah oleh akun @juitce, Rabu (18/12/2019).

Dalam video tersebut, seorang nenek terlihat tertidur di pangkuan suaminya saat perjalananmenggunakan kereta api. Hingga Senin (23/12/2019) siang, unggahan tersebut telah dibagikan lebih dari 30 ribu kali dan disukai lebih dari 46 ribu orang. Sheila, yang pertama kali mengunggah video tersebut di Instagram, menceritakan bahwa dirinya merekam peristiwaitu saat berada di kereta api Prameks jurusan Solo Kutoarjo, Senin (9/12/2019).

"Awalnya mereka berdua terlihat menikmati sarapan bersama, saya sebenarnya tdk terlalu memperhatikan selang sebentar nenek tersebut sudah tertidur di pangkuan kakek itu," ujar Sheila, seperti yang diberitakan . Seorang Psikolog Keluarga di Yayasan Praktek Psikolog Indonesia, Adib Setiawan, S.Psi., M.Psi., menuturkan keharmonisan yang tampak dari sepasang kakek nenek itu merupakan bukti adanya cinta sejati. Menurutnya, keharmonisan tersebut perlu ditiru oleh generasi masa kini.

Terlebih, bagi yang berusia sekitar 20 tahun hingga 55 tahun. Adib mengatakan, pada usia tersebut, seseorang masih rentan untuk tergoda pasangan lain. Psikolog dari praktekpsikolog.com tersebut menilai pasangan kakek nenek dalam kereta itu merupakan pasangan yang telah menjaga kesetiaan satu sama lain.

"Kalau seseorang nggak setia sama pasangannya, yang terjadi pasti kalau duduk di kereta gitu nggak mungkin tuh tertidur di pangkuan suaminya, pasti ada jarak kalau pasangannya pernah selingkuh," terang Adib. Psikolog Keluarga itupun menyampaikan hal hal penting yang harus ada dalam sebuah hubungan. Berikut empat hal penting dalam sebuah hubungan:

Adib menuturkan, kesetiaan merupakan hal terpenting dalam sebuah hubungan. Menurutnya, kesetiaan merupakan hal yangtumbuh dan melekat dari hati. "Kalau dari hatinya itu sudah setia, saya yakin kalau ada godaan sebesar apapun dia bisa memilih, dia bisa bersikap, dan dia bisa mengambil keputusan untuk tidak terbawa suasana supaya hal hal yangsekiranya dapat mengkhianati kesetiaan itu tidak terjadi," terang Adib.

"Jadi komitmen ini benar benar kuat, ini memang sangat penting," sambungnya. Adib mecontohkan, saat berada di lingkungan kerja, seseroang yang memiliki kesetiaan tidak akan mudah tergoda dan terbawa suasana saat menemui rekan kerjanya yang dirasa satu hati. "Ketika bekerja misalnya, kok melihat ada pegawai yang kira kira satuhati atau suka, nah itu harus ingat bahwa di rumah ada pasangan, sudah ada anak istri misalnya, begitu juga sebaliknya kalau terjadi pada seorang istri," jelasnya.

Selain kesetiaan, menurut Adib, perhatian dan kasih sayang juga menjadi modal penting dalam menjaga hubungan. "Karena dengan kasih sayang ini, seseorang akan merasa nyaman, dilindungi, diperhatikan, dan dihargai," jelas Adib. "Ini sangat penting karena seseorang kalau sudah merasa dihargai, merasa nyaman, ya tentunya akan semakin sayang sehingga keharmonisan rumah tangga bisa terbentuk," sambungnya.

Menurut Adib, dalam menjaga hubungan, sebaiknya seseorang juga dapat menjaga penampilannya. "Bagaimanapun,penampilan sangat penting juga, bagaimana seseorang itu dengan pasangannya bergairah," tutur Adib. Adibmencontohkan, seorang perempuan dapat menjaga penampilan fisiknya dengan diet dan sebagainya.

"Tidak munafik, seseorang itu, misalkan perempuan, tetap harus menjaga fisik, seperti diet dan yang lainnyasehingga suaminya juga merasa suka,jadi sukanya itu bisa permanen sampai lama," kata Adib. Menurut Adib, terlalu cerewet dengan pasangan justru akan berdampak negatif. Dikhawatirkan, pasanganan akan menjadi tertekan dan mencari teman bicara lain.

"Jangan sampai perempuan terlalu cerewet pada suaminya karena kalau terlalu cerewet takutnya bikin nggak nyaman, takutnya suaminya jadi tertekan, jadi dia malah curhat ke perempuan lain di tempat kerja," tutur Adib. "Kalau curhat sama perempuan lain takutnya jadi semakin dekat sama perempuan lain itu," tambahnya. Adib menyarankan setiap pasangan untuk mengobrol dari hati ke hati setiapseminggu dua kali, dengan durasi setidaknyatiga jam.

"Entah ngomongin tentang masalah pribadi, masalah di sekolah anak, masalah di tempat kerja masing masing, masalah di keluarga besar, itu dibicarakan dari hati ke hati, sehingga miscommunication itu bisa dihindari,"kata Adib. Psikolog Keluarga tersebut menyampaikan, seringkali terjadi kasus perselingkuhan karena miscommunication . "Orang berselingkuh atau bercerai itu banyak juga terjadi karena miscommunication, entah mereka nggak terbuka, entah tertutup, tapi jangan sampai terlalu cerewet," kata Adib.

Adib menambahkan, sepasang suami istri sebaiknya saling terbuka dengan isi ponsel masing masing. "Penting juga, yang namanya suami istri sebaiknya boleh melihat isi handphone pasangannya,karena dengan melihat isi handphone itu bisa menjaga dari fitnah," tutur Adib. "Mereka yang selingkuh, biasanya atas nama privasi, dia tidak mau membuka handphone nya, jadi di password seperti itu padahal di dalamnya memang ada hal hal yang memangmengarah tidak setia," tambahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *