Tangani Covid-19, Jusuf Kalla Minta PMI Provinsi Jalin Hubungan Baik dengan TNI-Polri

Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla (JK) meminta seluruh jajaran Pengurus PMI Provinsi menjalin hubungan baik dengan pihak TNI dan Polri. Menurut JK, selama ini TNI dan Polri selalu memberi bantuannya kepada PMI untuk menangani Pandemi Covid 19 dan juga mengatasi kekurangan pasokan darah. Hal itu disampaikan JK saat memimpin Rapat Kordinasi Operasi Covid 19 dengan PMI Seluruh Provinsi melalui aplikasi virtual meeting.

“Saya harapkan kepada jajaran pengurus PMI untuk tetap menjalin hubungan baik dengan pihak TNI, Polri karena mereka banyak memberi kita bantuan dalam menangani Covid 19 ini, termasuk mengisi kelangkaan pasokan darah. Untuk itu kita harus berterima kasih kepada mereka dan harus menjaga hubungan baik,” ujar JK langsung dari kediamannya, Jalan Brawijaya no 6 Jakarta Selatan, Kamis (30/4/2020). Jusuf Kalla juga berpesan kepada pengurus PMI seluruh Provinsi untuk selalu siaga menghadapi Covid 19, yang mengakibatkan krisis kemanusiaan yang belum pernah terjadi dalam sejarah manusia modern. Untuk itu, JK mengibaratkan perang melawan wabah Covid 19 merupakan perang semesta dan menghadapi musuh yang tak terlihat.

JK meminta kepada seluruh jajarannya untuk mengerahan segala kekuatan yang dimilikinya. ”Ini krisis kemanusiaan yang tidak pernah terjadi sebelumnya. Kalau ibarat perang, ini adalah perang semesta yang harus melibatkan semua unsur. Musuhnya tidak tampak tapi dampaknya terasa dimana mana. Bagi relawan dan para pengurus PMI, inilah waktunya untuk beramal. Kita harus kerahkan semua yang kita punya untuk mengatasi wabah corona ini,” kata JK. Rapat kordinasi Covid 19 yang dipandu oleh Wakil Ketua Umum PMI, Ginanjar Kartasasmita dan Sekretaris Jenderal, Sudirman Said dari markas Pusat PMI, dalam rangka menerima laporan kegiatan dari seluruh provinsi terkait penanganan Covid 19 yang berfokus pada 3 hal yaitu edukasi, mitigasi, dan pemberian bantuan sosial.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *