Termasuk Orang Terkaya di Indonesia, Bambang Hartono Langganan Jajan di Warung Kaki Lima

PemilikPT Djarum,Michael Bambang Hartonomemang tak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Michael Bambang Hartonoselain tajir dirinya juga dikenal dengan gaya hidup sederhananya meski bergelimang harta sana sini. Forbes sendiri menyatakan jika Bambang dan Robert Budi Hartono adalah orang paling kaya di Indonesia tahun 2019.

Dikutip dari Kompas, Hartono bersaudara tercatat sebagai orang terkaya di Indonesia selama 11 tahun berturut turut. Kekayaan mereka mencapai Rp 522,2 triliun, seiring terus meroketnya harga saham bank milik mereka, Bank Central Asia (BCA). Dengan harta kekayaan yang dimiliki, Bambang tidak menjadi pribadi yang tinggi dan sombong.

Michael Bambang Hartono bahkan gemar jajan di pinggir jalan. Hal ini diketahui dari foto yang diunggah akun @ayudh6 di Twitter, Kamis (19/12/2019). Menyandang predikat orang terkaya di Indonesia, Bambang sama sekali tak gengsi menikmati makanan di warung sederhana.

Dalam foto, pria 80 tahun tersebuttampak tengah menikmati Tahu Pong di Semarang. Yang sok kaya mentingin gengsi, yang kaya beneran mah lebih mentingin rasa, " tulis @ayudh69. "Beliau, customer setia Tahu Pong Karangsaru Semarang…

Xie xie om Hwie Siang (Michael Bambang Hartono) Big Boss Djarum & BCA, " lanjutnya. Foto bos Djarum yang diunggah [email protected] itu pun menjadi viral di media sosial Twitter. Selain terkenal dengan Lumpia, Tahu Gimbal dan Wingko Babad nya, Semarang masih punya Tahu Pong, camilan renyah dam gurih yang bisa kamu coba.

Tahu Pong yang menjadi camilan khas Semarang ini sudah ada sebelum zaman kemerdekaan Indonesia. Dinamakan Tahu Pong karena tahu ini berbentuk potongan yang kecil kecil lalu mengembang setelah diangkat dari penggorangan, lalu nama pong berasa dari istilah kopong berarti kosong atau tanpa isi. Sesuai namanya, Tahu Pong memiliki tekstur tahu yang renyah yang dalamnya kosong tanpa isian.

Ada dua penjual Tahu Pong Semarang yang legendaris yakni Tahu Pong Karangsaru dan Tahu Pong Semarang yang terletak di Jalan Gajahmada. Tahu Pong Karangsaru menghidangkan tahu pong komplit dengan kombinasi pong dan emplek, gimbal urang, telur rebus atau gorengnya. Tahu pong tersebut disajikan dengan ramuan saus cair kecap manis dengan pedas yang sedang, lalu dibubuhi dengan jeruk nipis yang sedikit agak kecut.

Sedangkan Tahu Pong Semarang yang berlokasi di Jalan Gajah Mada yang sudah dipegang generasi ke tiga ini memiliki menu yang sedikit berbeda. Biasanya, tahu pong juga suka disajikan lengkap dengan gimbal atau udang tepung, telur ayam, kuah kecap encer, serta acar lobak. Cara menyantap tahu pong mirip dengan penyajian makanan khas Palembang, pempek, yakni dengan dicocol pada kuah.

Untuk menu, sesuai namanya, kedai ini menyajikan menu menu berbahan dasar tahu. Selain tahu pong ada juga tahu emplek, tahu emplek telur, tahu gimbal, tahu gimbal telur dan tahu kopyok telur. Dikutip dari BolaSport.com , Bambang sendiri mengaku jika lebih menyukai jajanan rakyat.

Selain itu, ada satu makanan tradisional favorit yang wajib disantapnya ketika berada di Kudus, Jawa Tengah, yakni Lentog."Kalau pagi pagi itu, saya selalu cari Lentog. Enak sekali itu," kata Bambang. "Saya juga suka sate kambing, sop kambing. Semua jajanan itu, paling tidak saya memakannya seminggu sekali atau dua kali," tukas dia. Keluarga Hartono memang memiliki sejumlah bisnis yang sukses, tak heran jika mereka bisa termasuk dalam 25 keluarga yang paling kaya, nomer berapa?

Bloomberg baru baru ini merilis daftarkeluarga terkayadi dunia untuk tahun 2019. Di dalam daftar tersebut, ada sejumlah keluarga asal Asia yang masuk dala daftar keluarga paling tajir. Salah satunya adalah keluarga Hartono, yang bertengger di posisi 22 daftar keluarga terkaya di dunia tersebut.

Dikutip dari Bloomberg , Minggu (11/8/2019),kekayaankeluarga itu, yang saat ini dipimpin olehHartono bersaudaraRobert dan Michael, tercatat mencapai 32,5 miliar dollar AS atau setara sekira Rp 461 triliun. Bloomberg menyematkan kata "NEW" dalam pemeringkatan tersebut terhadap keluarga Hartono. Artinya, keluarga Hartono baru masuk dalam daftar keluarga terkaya di dunia tersebut pada tahun ini.

Robert Budi Hartono dan Michael Bambang Hartono pun merupakan orang terkaya di Indonesia. KekayaanMichael tercatat sebesar 18,4 miliar dollar AS atau setara sekira Rp 261 triliun. Sementara itu, Robert memiliki kekayaan mencapai 18,6 miliar dollar AS atau setara sekira Rp 263,8 triliun.

Robert dan Michael meneruskan bisnis berupa pabrik rokok Djarum yang didirikan sang ayah, Oei Wie Gwan pada tahun 1951. Bisnis Djarum pun kian menggurita, hingga menjadi salah satu pabrik rokok terbesar di Indonesia. Tak hanya bisnis rokok, Grup Djarum juga memiliki bisnis lainnya, termasuk PT Bank Central Asia Tbk.

Selain keluarga Hartono, ada sejumlah keluarga Asia lainnya yang masuk dalam daftar keluarga terkaya di dunia versi Bloomberg. Keluarga Al Saud, keluarga kerajaan Arab Saudi, menjadi keluarga Asia terkaya di dunia. Berada di posisi keempat daftar Bloomberg, keluarga Al Saud memiliki kekayaan sebesar 100 miliar dollar AS atau setara sekira Rp 1.418 triliun.

Kemudian, ada pula keluarga Ambani dari India yang berada di posisi 9 dengan kekayaan mencapai 50,4 miliar dollar AS atau setara sekira Rp 715 triliun. Ada pula keluarga Kwok dari Hong Kong yang berada di posisi 12 dengan kekayaan 38 miliar dollar AS atau setara sekira Rp 539,1 triliun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *